India Bakal Terbelah Jadi Dua Seperti Afrika, Ini Penelitiannya

Jakarta, CNBC Indonesia – Penelitian menunjukkan India bisa terbelah menjadi dua, seperti terjadi di Afrika Timur.

Namun, kemungkinan patahan India ini akan berbeda seperti di Afrika yang pecah secara vertikal dan membentuk mikrokontinen baru. India akan terbelah secara horizontal hingga melintasi Eurasia.

Terdapat beberapa teori terkait lempeng India. Misalnya lempeng disebut terlalu ringan untuk tenggelam ke dalam mantel Bumi, yang pada akhirnya menyebabkan membentuk tonjolan yang disebut Tibet.

Teori lain menyebutkan Lempeng Hindia sedang tertekuk. Kembali disebut Tibet hadir karena adanya tonjolan.

Namun konferensi American Geophysical Union mengajukan teori ketiga. Opsi ini memandang lempeng hindia tengah delaminasi.

Jadi bagian atas terkelupas dan menopang Tibet. Bagian bawah yang lebih padat tenggelam ke dalam mantel.

Namun untuk membuktikannya agak sulit karena harus mengebor hingga kedalaman 100 kilometer. Mereka yang mengusulkan mengatakan bukti ide tersebut berasal dari helium yang meluap lewat mata air di Tibet.

Simon Klemperer dari Universitas Stanford dan timnya melakukan pengukuran rasio isotop helium pada 200 mata air Tibet. Mereka menemukan jenis yang berbeda pada di wilayah tersebut, dikutip dari IFL Science, Selasa (23/1/2024).

Di bagian utara misalnya helium-3 melepaskan diri. Alasannya karena mantel cukup dekat dengan permukaan.

Sementara di bagian selatan, terdapat helium-4. Mereka menyimpulkan lempeng belum terbelah dan membentuk penghalang yang tidak bisa dilintasi helium.

Namun temuan berbeda ditemukan di Bhutan. Mantel di wilayah tersebut telah menembus kerak Bumi. https://darsalas.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*